Spiga

Alzier Kembali Mencalonkan Diri

TEMPO Interaktif, Bandar Lampung:Alzier Dianis Thabranie kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Lampung periode 2009-2014. Alzier yang kini Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Lampung maju dalam pemilihan Gubernur Lampung yang akan digelar tahun 2008 mendatang melalui Partai Golkar.

"Saya kembali maju menjadi calon gubernur karena terdorong keinginan untuk menyejahterakan rakyat," kata Alzier sesaat setelah mendaftarkan diri pada Panitia Penjaringan Calon Gubernur di Kantor Golkar Lampung, Jumat (26/10).

Alzier adalah tokoh yang pernah terpilih sebagai Gubernur Lampung dalam sidang paripurna DPRD pada 30 Desember 2002. Namun Alzier yang dulu maju sebagai calon dari PDIP berpasangan dengan Ansyori Yunus tidak dilantik oleh Presiden Megawati. Alzier kemudian menjadi tahanan Mabes Polri dengan tuduhan melakukan tujuh tindak pidana, di antaranya korupsi pupuk di PT Pupuk Sriwijaya dan memalsukan ijazah. Pengadilan Negeri Tanjung Karang, Bandar Lampung, kemudian memvonisnya hukuman sembilan bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun.

Alzier membantah bila pencalonan dirinya sebagai balas dendam atas kegagalannya menjadi gubernur. "Dulu saya tidak dilantik karena tidak direstui Presiden Megawati karena saya maju dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Karenanya saya dituduh melakukan berbagai tindak pidana, termasuk menggunakan ijazah palsu. Akibatnya meski dipilih mayoritas DPRD, saya tidak dilantik," ujarnya.

Putera mantan Wali Kota Bandar Lampung ini menambahkan, tekadnya maju menjadi gubernur juga karena melihat semua gubernur yang pernah memimpin Lampung gagal menyejahterakan rakyat. "Mereka semua gagal, termasuk gubernur yang sekarang," kata Alzier yang didampingi para pengurus Partai Golkar Lampung itu.

Soal calon wakil gubernur, Alzier sudah punya dua nama, yaitu Ghufron Aziz dan Ari Wibowo dari Partai Keadilan Sejahtera. "Pada awal November keputusan siapa nama yang saya pilih untuk mendampingi sebagai wakil gubernur akan ditetapkan," tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh sudah mendaftarkan diri sebagai calon gubenur pada panitia penjaringan Partai Golkar, di antaranya tiga perwira TNI kelahiran Lampung, yaitu Mayjen (Purn) HM Ali Fathan, Mayjen Bambang Sudibyo, Laksda (Purn) Ichsan Sulistiyo. Selain itu pengacara Hendri Yosodiningrat dan Wakil Gubernur Lampung, Syamsurya Ryacudu, juga sudah mendaftarkan diri ke Partai Golkar sebagai calon gubernur.

Sementara Gubernur Lampung, Sjahroedin ZP, akan maju sebagai calon gubernur dari PDIP. Sjahroedin yang juga Ketua DPD PDIP Lampung sudah mendaftarkan diri pada panitia penjaringan calon Gubernur Lampung awal Oktober lalu.

0 komentar:

Related Post